Rabu, 25 Oktober 2017

10 Kiper Termuda Yang Pernah Bertanding Liga Champions

10 Kiper Termuda Yang Pernah Bertanding Liga Champions
10 Kiper Termuda Yang Pernah Bertanding Liga Champions
Matagol - Penjaga gawang berdarah Serbia-Belgia, Miler Svilar menjadi kiper termuda yang pernah tampil di Liga Champions. Penjaga gawang Benfica itu mematahkan rekor yang sempat dipegang legenda Real Madrid, Iker Casillas. Berikut 10 kiper termuda yang pernah bertanding di Liga Champions.

Kompetisi tersebut berakhir dengan skor 1 - 0 untuk kemenangan klub besutan Jose Mourinho, Manchester United akibat blunder dari sang kiper muda Svilar. Blunder itu sudah menjadi hal biasa di dunia sepakbola tapi yang menarik adalah Svilar memegang rekor kiper termuda di Champions League.

Svilar menjadi yang termuda di antara sembilan kiper dan eks kiper lainnya yang berada dalam catatan sejarah penampilan termuda di Champions League. Berikut urutan dari yang termuda hingga yang tertua di dalam buku catatan rekor :

1 .  Mile Svilar

Pelatih Benfica, Rui Vitoria, dengan beraninya memainkan Svilar sebagai starter melawan Man United, ketimbang menurunkan kiper sarat pengalaman, Julio Cesar. Tak mudah bagi kiper berusia 18 tahun menghadapi tekanan laga besar, melawan tim bersejarah sekaliber Man United.

Svilar pun sedianya tampil baik sampai sebuah momen merusak penampilan baiknya. Momen saat Svilar salah membuat perhitungan kala menangkap bola tendangan bebas Marcus Rashford. Alhasil, ia menangkap bola yang sudah melewati garis gawang dan wasit menyatakan itu sebagai gol.

Penampilannya itu menghadirkan rekor baru di Liga Champions. Svilar kini menjadi kiper termuda yang main di Liga Champions dengan usai 18 tahun 52 hari. Dia memecahkan rekor milik Casillas yang membuat debut di usia 18 tahun 117 hari pada 1999. 

2. Iker Casillas

Pada 15 September 1999, Casillas muda bermain menggantikan Bodo Illgner kala melawan Olympiacos di Yunani. Santo Iker -julukan Casillas- bermain pada usia 18 tahun 117 hari di laga yang berakhir imbang 3-3 antara Olympiacos dengan Real Madrid.

Setelahnya, Casillas mengukir sejarah sebagai legenda El Real yang bermain untuk klub hingga 2015, sebelum akhirnya 'didepak' Madrid dan pindah ke Porto. Ia masih aktif bermain saat ini pada usia 36 tahun.

Baca Juga :  Zidane meraih penghargaan sebagai Pelatih Terbaik FIFA 2017

3. Nikolay Mihaylov 

Sejak awal Mihaylov sudah menanggung beban berat nama 'besar' sang ayah yang merupakan legenda sepak bola Bulgaria, Bobby Mihaylov. Tekanan berat itu mungkin juga menjadi alasan penampilan buruk Mihaylov pada 31 Oktober 2006 di Champions League, kala timnya, Levski Sofia melawan Werder Bremen.

Mihaylov yang berusia 18 tahun 124 hari dipaksa memungut bola sebanyak tiga kali karena timnya kalah 0-3. Ironisnya, itu penampilan satu-satunya Mihaylov di Champions League bersama Sofia sebelum akhirnya ia bermain untuk Liverpool, Twente, Hellas Verona, dan Mersin Idmanyurdu.

4. Igor Akinfeev 

Satu kata itu pantas menggambarkan seorang pemain yang berstatus one man club, alias pemain yang hanya bermain untuk satu klub sepanjang karier profesionalnya. Status itu juga berlaku untuk penjaga gawang berusia 31 tahun, Igor Akinfeev.

Ia tercatat sebagai salah satu kiper termuda yang pernah tampil di Champions League pada 2004. Akinfeev memainkan debut bersama CSKA Moscow saat menyambangi markas Porto pada usia 18 tahun 159 hari. Hebatnya, Akinfeev mencatatkan clean sheet kala itu alias tidak kebobolan. Sampai saat ini, Akinfeev masih loyal bermain untuk CSKA.

5.  Adrian Semper 

Kiper kelahiran Zagreb, 12 Januari 1998 merupakan oase di tengah padang pasir kala Dinamo Zagreb bermain di Champions League tahun lalu. Semper menunjukkan potensi bermainnya pada usia 18 tahun 245 hari saat melawan Olympique Lyonnais.

Zagreb kalah 0-3 dari Lyon, tapi, fakta Semper sebagai salah satu kiper termuda yang pernah tampil di Champions League takkan lekang oleh waktu. Sayangnya, Zagreb juga dinobatkan sebagai tim terburuk di fase grup Champions League karena kalah enam kali beruntun dan tidak pernah mencetak gol.

6.  Maksim Kabanov 

Satu lagi penjaga gawang asal Rusia yang tercatat sebagai kiper termuda yang pernah tampil di Champions League. Penampilan Kabanov sedianya relatif biasa saja, namun, pada 2001 Spartak Moscow memberinya kesempatan mentas melawan Feyenoord di Rusia.

Laga berakhir imbang 2-2 dan Kabanov bermain pada  usia 18 tahun 262 hari. Sejak saat itu, nama Kabanov hilang 'tertelan bumi' dan saat ini, kabarnya ia bermain untuk klub divisi dua kasta sepak bola Rusia pada usia 34 tahun. 

7.  David De Gea

David De Gea, Atletico Madrid vs Porto Champions League
David De Gea, Atletico Madrid vs Porto Champions League
Nama yang satu ini rasanya tak perlu dijelaskan secara mendetail. Anda pasti tahu siapa dia. Ya, De Gea saat ini berstatus sebagai kiper nomor satu Timnas Spanyol dan Manchester United.

Sebelum berlabuh ke Old Trafford, De Gea bermain untuk Atletico Madrid pada kurun waktu 2009-2011. Pada 2009, ia tercatat sebagai kiper termuda yang pernah bermain di Champions League, pada usia 18 tahun 10 bulan 23 hari.

De Gea diturunkan Abel Resino untuk menggantikan Roberto yang cedera saat melawan Porto. Kala itu, Atletico kalah 0-2 dari Porto, namun, performa De Gea terus meningkat hingga mendapat kepercayaan Resino dan juga Quique Sanchez Flores.

8. Pepe Reina 

Masa-masa bermain Reina lebih sering dikenal kala ia bermain untuk Liverpool dan timnya saat ini, Napoli. Tapi, jauh 16 tahun silam atau tepatnya pada 2001, Reina ternyata pernah bermain untuk Barcelona dan tampil sebagai kiper termuda Champions League saat melawan Fenerbahce.

Barca menang 1-0 di Camp Nou dan Reina bermain untuk Barca hingga 2002. Pasca membela Blaugrana, Reina bermain untuk Villarreal, Liverpool, Napoli, Bayern Munchen, dan kini kembali berada di Napoli pada usia 35 tahun.

9. Timon Wellenreuther 

Dua tahun lalu, Schalke menjamu Real Madrid dan menurunkan kiper berusia 19 tahun 77 hari, Timon Wellenreuther. Schalke kalah 0-2 dari Madrid, tapi laga itu akan selalu dikenang penjaga gawang kelahiran Karlsruhe, 3 Desember 1995 ini.

Sayang, karier Wellenreuther tidak bertahan lama di Schalke karena ia pergi ke Mallorca pada tahun 2015 hingga 2016, sebelum kini bermain dengan tim Eredivisie, Willem II, pada usia 21 tahun.

10. Petr Cech 

Kiper ikonik Premier League dan legenda Chelsea, yang saat ini bermain untuk Arsenal. Cech ternyata juga pernah tercatat sebagai kiper termuda Champions League, kala ia tampil membela Sparta Prague pada 2001 melawan Bayern Munchen.

Cech sudah menunjukkan performa yang gemilang pada usia 19 tahun 121 hari dan menahan gempuran Bayern, hingga laga berakhir imbang tanpa gol. Usai bermain dengan Sparta Prague, Cech bermain untuk Rennes, Chelsea, dan Arsenal.

0 komentar:

Posting Komentar